Slidedf

Fungsi Oil Demister Pada AERZEN Screw Compressors dan Pentingnya Perawatan Secara Berkala

Oil Demister

Oil Demister lebih dikenal sebagai Oil Mist Eliminator atau Oil Separator adalah komponen penting dalam berbagai proses dan peralatan industri yang mana berfungsi untuk menghilangkan kabut minyak (Oil Mist) pada Oil Chamber ataupun laju aliran fluida. Tergantung dengan tipe peralatan putar yang digunakan, memastikan efisiensi proses, melindungi peralatan putar, dan meminimalisir terjadinya kontaminasi pada Gearbox ataupun udara terkompresi.

Pada AERZEN Screw Compressors, selama proses rotasi terjadi adanya Centrifugal Effect pada Oil Chamber yang mana akan menghasilkan Oil Mist. Untuk melindungnya (Oil Chamber), maka Oil Mist harus dipisahkan dari oli yang ada.

Fungsi dan Aplikasi

Pada sistem Compressors, Oil Demister sangat berperan penting untuk keberlangsungan operasional Compressors yang digunakan untuk memisahkan Oil Mist dari oli pada tempat peyimpanan oli (Gearbox). Hal ini penting untuk menjaga kualitas oli, mencegah kontaminasi oli pada Gearbox, dan berperan untuk membuat kualitas oli dapat lebih terjaga.

Konstruksi dan Operasi

Oil Demister pada AERZEN Screw Compressors menggunakan tipe Mesh Demister. Demister ini menggunakan lapisan Wire Mesh pada sisi keluarannya untuk menangkap Oil Mist sebelum keluar menuju atmosfer. Aliran udara yang mengandung Oil Mist memasuki demister. Saat melewati susunan Wire Mesh, Oil Mist tersebut terperangkap dan oli yang memiliki massa lebih berat masuk kembali menuju Oil Chamber. Oil Demister tersebut dikoneksikan dengan Gearbox Housing menggunakan tipe Flanged, perangkat tersebut nyala dan mati bersamaan dengan motor penggerak (Drive Motor).

Manfaat dan Pentingnya Penggunaan Oil Demister

Oil Demister memiliki beberapa menfaat sebagai berikut :

  • Environmental Compliance :

Dengan mencegah pelepasan Oil Mist ke atmosfer, Oil Demister membantu kepatuhan terhadap peraturan lingkungan (Environmental Regulations).

  • Equipment Protection :

Melindungi peralatan putar, seperti Compressors kontaminasi minyak sehingga mengurangi biaya pemeliharaan, serta waktu Downtime / Breakdown.

  • Process Efficiency :

Menghilangkan Oil Mist dari wadah penyimapanan oli (Gearbox) meningkatkan efisiensi dan keandalan peralatan putar.

Perawatan Berkala Pada Oil Demister

Perawatan pada Oil Demister sangat penting untuk memastikan kinerja optimal dan umur panjang. Perawatan yang tepat membantu mencegah masalah operasional, menjaga efisiensi, dan memperpanjang umur demister. Berikut beberapa rekomendasi untuk pemelihaaan Oil Demister :

  • Visual Inspection :

Periksa oil demister secara berkala untuk mengetahui adanya tanda-tanda kerusakan pada Wire Mesh. Pastikan tidak ada kerusakan yang dapat menyebabkan Oil Mist keluar tanpa pembuangan dan filtrasi yang tepat.

  • Scheduled Cleaning :

Lakukan pembersihan elemen Demister secara berkala untuk menghilangkan akumulasi dari kontaminasi oli dan kotoran, serta lakukan pencucian lembut dengan air atau larutan pembersih ringan agar lebih efektif.

  • Replace Wire Mesh :

Seiring berjalannya waktu, kondisi Wire mesh yang terdapat pada Demister dapat menurun atau menjadi kurang efektif karena akumulasi kontaminan. Lakukan pergantian elemen secara berkala berdasarkan kondisi aktual.

Kesimpulan

Oil Demister memainkan peran penting dalam berbagai aplikasi industri terutama pada peralatan putar AERZEN Screw Compressors, dengan secara efektif menghilangkan Oil Mist dari kandungan oli. Desain dan pengoperasiannya berkontribusi signifikan terhadap perlindungan lingkungan, umur peralatan putar, dan efisiensi proses.

Hubungi Kami

Apabila Anda tertarik dengan Oil Demister atau memiliki kendala lainnya terhadap equipment blower dan compressor AERZEN Anda, silahkan menghubungi PT. Kusuma Teknik Persada sebagai Authorized Distributor AERZEN di Indonesia melalui kontak di bawah ini :
E-mail : sales@kusumateknik.co.id
WhatsApp : +62 878-5277-0441
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-55785429 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?