Slidedf

Pentingnya Pengecekan Berkala untuk Protection Control Instrumentation Panel pada Aerzen Blower Compressor

Pemeriksaan Instrumentation Panel secara berkala dapat mencegah terjadi nya hal-hal yang tidak di ingikan pada Aerzen BlowerCompressor seperti mencegah terjadinya Overpressure, Overheating, bahkan mencegah terjadinya Internal Failures (kegagalan internal).

Periksa Panel anda secara berkala untuk menemukan adanya indikasi-indikasi malfungsi dari segi parameter operasional. Pastikan untuk selalu mengawasi Warning Sign yang muncul pada Panel tersebut agar dapat segera dilakukan identifikasi dilanjutkan dengan tindakan Corrective yang sesuai.

Fungsi dan Aplikasi

Singkatnya, fungsi utama perangkat Instrumentation Panel adalah untuk meningkatkan keselamatan, keandalan, dan efisiensi pada Aerzen Blower-Compressor yang dapat memberikan data parameter kerja, peringatan atau Warning Sign, serta intervensi atau Protection yang tepat waktu ketika terjadi kesalahan operasional. Hal ini membantu mencegah kerusakan, mengurangi waktu henti, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Fitur Penting Pada Instrumentation Panel

Instrumentation Panel memiliki beberapa fitur penting sebagai berikut :

  • Fault Signalling Device :

Perangkat ini terus memantau berbagai Operational Parameter missal nya (Pressure dan Temperature) dan mendeteksi segala penyimpangan dari kondisi pengoperasian normal. Ketika kesalahan atau kondisi Abnormal terdeteksi, perangkat akan mengaktifkan Alarm Visual untuk memperingatkan operator dengan segera, hal ini membantu dalam identifikasi cepat dan respons terhadap potensi masalah, jika terjadi kesalahan atau kondisi Abnormal, perangkat pemberi sinyal akan mematikan peralatan secara otomatis untuk mencegah kerusakan atau kegagalan yang lebih besar. Protection ini membantu melindungi mesin dan lingkungan sekitar.

  • Operating Hours Counter :

Fungsi utamanya adalah mengakumulasikan total jam pengoperasian peralatan, sehingga memberikan data berharga tentang pola penggunaan peralatan. Dengan melacak jam operasional, Hours Counter membantu menjadwalkan aktivitas pemeliharaan rutin. Banyak tugas perawatan yang didasarkan pada jam pengoperasian, seperti penggantian oli, penggantian Filter, dan pemeriksaan rutin lainnya. Data dari penghitung jam operasional dapat digunakan untuk menganalisis kinerja dan efisiensi mesin. Ini membantu dalam mengidentifikasi tren dan potensi masalah terkait keausan Parts Equipment.

  • Discharge Temperature, Oil Temperature Gauges :

Discharge Temperature menunjukkan seberapa baik kinerja BlowerCompressor, suhu yang meningkat dapat menandakan masalah seperti kompresi yang berlebihan atau pendinginan yang tidak memadai, Temperature yang tinggi dapat menyebabkan panas berlebih, yang dapat merusak mesin dan mengurangi masa pakainya. Sama hal nya dengan Oil Temperature, dapat mempengaruhi kekentalan oli pelumas., jika oli terlalu panas, oli dapat menjadi terlalu encer sehingga mengurangi kemampuannya untuk melumasi secara efektif. Sebaliknya, jika terlalu dingin, bisa menjadi terlalu tebal sehingga menyebabkan peningkatan resistensi dan keausan. Maka dengan itu memantau kedua parameter suhu ini sangat penting.

  • Discharge Pressure, Oil Pressure Gauges :

Alat pengukur ini mengukur tekanan udara atau gas yang dikeluarkan dari BlowerCompressor, hal ini membantu memastikan sistem beroperasi dalam kisaran Operational Pressure yang diinginkan. Tekanan pelepasan yang tinggi dapat mengindikasikan penyumbatan (Clogging) atau masalah lain dalam sistem yang dapat menyebabkan kerusakan, pemantauan memungkinkan deteksi dini dan koreksi. Sama hal nya dengan Oil Pressure, tekanan yang tepat sangat penting untuk pelumasan yang efektif pada bagian yang berputar, jika tekanan oli tidak mencukupi dapat menyebabkan pelumasan tidak memadai, sehingga menyebabkan peningkatan gesekan dan keausan pada komponen. Pemantauan membantu menjaga tingkat pelumasan yang tepat.

  • Maintenance Indicator/ Service Indicator :

Indikator ini dapat membantu memberitahu operator bila penggantian Filter harus dilakukan. Dengan menunjukan nilai tekanan operasional dan memberikan nilai Limit maksimal. Indikator ini membantu menjaga kinerja peralatan tetap optimal, mencegah kebuntuan, dan kerusakan tak terduga.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Instrumentation Panel Aerzen meningkatkan efisiensi operasional, keandalan, dan keselamatan sekaligus memberikan kemampuan kontrol dan pemantauan yang komprehensif untuk peralatan industri.

Hubungi Kami

Apabila Anda tertarik dengan Instrumentation Panel AERZEN atau memiliki kendala lainnya terhadap equipment blower dan compressor AERZEN Anda, silahkan menghubungi PT. Kusuma Teknik Persada sebagai Authorized Distributor AERZEN di Indonesia melalui kontak di bawah ini :
E-mail : sales@kusumateknik.co.id
WhatsApp : +62 878-5277-0441
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-55785429 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?